Praktik macroteaching tersebut dilaksanakan pada lima intitusi pelayanan maupun pendidikan yang ada di Palembang, yaitu RS dr. Mohammad Hoesin Palembang, Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Depkes Palembang, AKPER Kesdam II/Sriwijaya Palembang, Stikes Siti Khodijah Palembang, dan Stikes Muhammadiyah Palembang.
Praktik macroteaching di Poltekkes Depkes Palembang akan di Bimbing oleh Ns. Lukman, SKep.,M.M, dimana pelaksanaannya dijadual pada tanggal 10 sampai 20 Januari 2009. Kelas yang menjadi sasaran praktik adalah kelas Reguler dan Ekstensi semester I Jurusan Keperawatan Poltekkes Depkes Palembang, yang berlokasi di Jalan Merdeka 76-78 Palembang.
Adapun materi yang akan disampaikan oleh Praktikan terdapat dalam tabel berikut ini:
Materi | Kelas | Praktikan |
Eliminasi Alvi/Fecal | I Esktensi | Dian Sari |
Anfis Integumen dan Sensasi Kulit | I Reguler | Henny Dwi |
I Ekstensi | Devi Asrianti | |
Anfis Sitem Perkemihan | I Reguler | Selvi Fitria |
I Ekstensi | Abdi Zaki | |
Keseimbangan Cairan, Elektrolit dan Asam Basa | I Reguler | A y u |
I Ekstensi | Dewi R | |
Anfis Sistem Reproduksi | I Reguler | Sri Ayu |
I Ekstensi | Florida | |
Anfis Sistem Pernapasan | I Reguler | Esterlina |
I Ekstensi | Alwin Sukri | |
Anfis Sistem Pencernaan | I Ekstensi | Fitri L |
Praktik pada kelas Reguler (A) dilaksanakan pada hari Jum'at pada jam 08.00 – 11.00 WIB, sedangkan untuk kelas Ekstensi (B) dilaksanaknpada hari Kamis jam 08.00 – 11.00 WIB.
Beberapa hal yang harus disiapkan oleh praktikan antara lain:
1. Satuan Acara Pembelajaran (SAP), sesuai format.
2. Materi (lampiran SAP, format Word).
3. Materi (format power point) untuk presentasi.
4. CD R/CD-RW yang berisi SAP dan Materi.
Sebagai dasar penilaian, setidaknya ada 16 aspek/komponen yang harus diperhatikan oleh Praktikan yaitu:
1. SAP (disertai lampiran materi).
2. Salam Pembukaan.
3. Menjelaskan tujuan dengan baik dan benar
4. Menyampaikan kontrak waktu dengan baik dan benar
5. Menyamakan persepsi (apersepsi).
6. Menggunakan minimal dua media, seperti memanfaatkan papan tulis, LCD/Power Point.
7. Menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar.
8. Menggunakan bahasa nonverbal dengan tepat.
9. Penekanan pada materi tertentu.
10. Memberi kesempatan bertanya kepada audiens yang merata.
11. Memberi kesempatan audiens untuk menjawab pertanyaan yang disampaikan.
12. Memberi kesempatan audiens berpikir untuk menjawab bertanyaan.
13. Mampu mengendalikan kelas dengan baik.
14. Menyimpulkan materi.
15. Mengevaluasi materi yang sudah disampaikan.
16. Salam Penutup.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar