My Family

My Family
Palembang, Mei 2013

Senin, 15 Desember 2008

Ujian Lab Skills yang "Mendebarkan"

Bertepatan dengan sehari setelah Lebaran Idul Adha 1429 H yaitu pada hari Selasa 9 Desember 2008, 93 mahasiswa Jurusan Keperawatan Politeknik Kesehatan Depkes Palembang harus mengikuti serangkaian ujian keterampilan klinik sebagai syarat untuk memulai Praktik Klinik Keperawatan (PKK) di RS dr. Mohammad Hoesin Palembang.

 

Semula semua calon praktikan mengungkapkan kekhawatirannya dan mengajukan berbagai pertanyaan "apa yang akan diujikan oleh Tim RSMH Palembang?" apakah setelah ujian mereka akan dinyatakan dapat mengikuti PKK dimaksud. Bagaimana kalau mereka dinyatakan tidak lulus ujian? dan berbagai pertanyaan disampaikan untuk menggali dan menenangkan diri untuk mengikuti ujian Lab Skills tersebut.

 

Mahasiswa dibagi menjadi beberapa kelompok, seperti kelompok yang harus ujian di Ruang RA (Penyakit Dalam Laki-Laki), RC(Penyakit Dalam Perempuan), Ruang Jantung (Kardiologi), Ruang Peduli Kasih (RPK), Komite Keperawatan, Pendidikan dan Pelatihan, dan kelompok yang ujian di Bidang Keperawatan.

 

Beberapa kelompok harus ujian betul terkait dengan Keterampilan Keperawatan (Nursing Skills) seperti yang dilakukan di RC, beberapa mahasiswa harus praktik memasang infuse, mempraktikkan bed making, dan sebagainya. Tetapi tidak sedikit kelompok yang hanya diresponsi terkait dengan kegiatan praktik keperawatan. Artinya perlu evaluasi substansi ujian Lab Skills, agar tepat sasaran dan berdampak pada proses dan output praktik keperawatan.

Tidak ada komentar: