My Family

My Family
Palembang, Mei 2013

Selasa, 20 April 2010

ANAK SD KURANG BUGAR


Sumber: Republika, Senin 19 April 2010

Kebugaran jasmani siswa sekolah dasar di Yogyakarta sangat memprihatinkan. Padahal kebugaran jasmani akan berkorelasi positif terhadap pertumbuhan dan perkembangan tubuh seseorang.

Berdasarkan survei yang dilakukan Prof Dr Suhardjana, guru besar baru bidang Ilmu Kesehatan OLahraga di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), diketahui bahwa 62,4 persen siswa SD status kebugaran jasmaninya kurang baik.
Status gizinya 19,6 persen gemuk dan gizi kurang ada 39,2 persen dan yang normal hanya 41,28 persen. Hal yang sama juga terjadi di Bali dari jumlah seluruh siswa SD di Propinsi tersebut diketahui 59,7 persen siswanya memiliki status kebugaran jasmani di bawah rata-rata.

"Penelitian yang sama juga pernah dilakukan Pusat Kualitas Jasmani Depdiknas tahun 2006 yang menunjukan bahwa hanya 6 persen dari seluruh siswa SD di Indonesia memiliki status kebugaran jasmani baik, 48 persen diantaranya statusnya kurang, 15 persen kurang sekali dan sedang hanya 31 persen saja." ujarnya dalam pidato pengukuhannya berjudul "Kebugaran dan Kesehatan bagi Kesuksesan Hidup Sepanjang Hayat".

Karenanya jika status kebugaran jasmani siswa itu digunakan sebagai indikator rendahnya status kebugaran jasmani masyarkat kondisi tersebut tidak mustahil berdampak pada problem kesehatan masyarakat. Pasalnya kata dia, berbagai penyakit seperti tekanan darah tinggi, gangguan jantung, diabetes melitus, dan ateriosclerosis atau penyakit kardiovaskuler lebih disebakan karena kurangnya kebugaran jasmani tersebut.

Tidak ada komentar: