My Family

My Family
Palembang, Mei 2013

Senin, 15 November 2010

Asuhan Keperawatan Meniere

Batasan

Penyakit meniere adalah suatu kelainan labirin yang etiologinya belum diketahui, dan mempunyai tiga gejala yang khas, yaitu gangguan pendengaran, tinnitus, dan serangan vertigo. Terutama terjadi pada wanita dewasa. (Mansjoer, 2005). Sementara Hadjar (2000), mengatakan penyakit meniere adalah suatu gangguan pengaturan cairan endolimfe yang secara khas ditandai oleh adanya dilatasi ruangan endolimpatik dari labirintus membranosa. Dan pendapat lain mengatakan, penyakit Meniere adalah suatu penyakit yang ditandai oleh serangan berulang vertigo (perasaan berputar), tuli dan tinnitus (telinga berdenging).

Etiologi

Penyebab penyakit meniere belum diketahui, penambahan volume endolimpa diperkirakan oleh adanya gangguan biokimia cairan endolimpa dan gangguan klinik pada membran labirin. Kemungkinan juga disebabkan oleh pemasukkan cairan dan garam yang berlebihan, bekerja terlalu berat dan pengaruh emosi. (Hadjar, 2000)

Manifestasi dari penyakit meniere antara lain; vertigo, tinitus dan tuli saraf, mual, muntah, setiap kali berusaha untuk berdiri, kepala merasa berputar-putar, pada setiap serangan biasanya disertai dengan gangguan pendengaran dan dalam keadaan tidak ada serangan pendengaran dirasakan baik sekali, dan erasaan penuh di dalam telinga. (Arsyad, 1990)

===>> Reading Continue and Download <<===

Tidak ada komentar: