My Family

My Family
Palembang, Mei 2013

Kamis, 18 Maret 2010

Kategori Usia Muda Berakhir di Umur 35 Tahun

Oleh: Irna Gustia  (DetikHealth)


Berapa usia Anda ? Jika sudah 35 tahun, itu artinya Anda sedang menjalani masa-masa terakhir menjadi orang muda. Penelitian terbaru menyebutkan seseorang berhenti menjadi muda di usia 35 tahun dan mulai masuk kategori tua saat usia 58 tahun.


Seperti dilansir Telegraph, Kamis (18/3/2010) orang di atas 35 tahun hingga 58 tahun atau sepanjang rentang 23 tahun dimasukkan dalam kategori usia pertengahan (middle age) atau paruh baya.

Pengkategorian baru ini cukup mengejutkan untuk batas bawah usia paruh baya yang dimulai setelah 35 tahun. Karena selama ini banyak orang masih merasa muda jika usianya belum mencapai 40 tahun.

Sebaliknya untuk mereka yang sudah 55 tahun yang sebelumnya disebut tua kategorinya diperpanjang menjadi 58 tahun. Baru di atas usia 58 tahun seseorang dikategorikan usia lanjut.

Professor Dominic Abrams yang menyurvei 40.000 orang di seluruh Eropa untuk kategori usia paruh baya, mengatakan pelabelan usia ini sangat penting untuk memperlakukan seseorang dengan lebih jelas. Karena 63 persen responden mengaku banyak sekali kasus orang yang diperlakukan terlalu muda atau terlalu tua.

Orang-orang yang masuk usia 50 tahun kadang dianggap gampang sakit dan sering menggigil. Padahal kini banyak bukti orang-orang usia 50 tahun hidup lebih aktif dibanding masa sebelumnya dan mempunyai tubuh yang sehat.

Pengkategorian umur ini berbeda dengan tahun 1980-an yang mengklasifikasikan usia 42 tahun sebagai usia akhir orang muda dan masuk usia tua saat berumur 67 tahun.

Pengkategorian umur ini juga dianggap penting untuk mengklasifikasikan gaya hidup sehat yang pas untuk usia seseorang. Jumlah kalori yang masuk dan keluar sesuai umur hingga seseorang bisa menjalani hidupnya dengan baik bukan dibebani penyakit.

Tidak ada komentar: